Sarah Igu. Diberdayakan oleh Blogger.

Kasus jatuhnya pesawat Lion Air

Tidak ada komentar

Penerbangan JT 610, Jenis BOEING Max 737 PK-LQP, pada tanggal 29 Oktober 2018. Merupakan kejadian yang membuat kita sedih dan sangat menyangkan sekali hal ini terjadi kedua kalinya. Dalam kasus pesawat Lion Air bernomor ekor PK-LQP, diduga ada kerusakan data dalam sistem ini yang membuat sensor menyala kendati hidung pesawat tidak naik.
Dalam kasus pesawat Lion Air bernomor ekor PK-LQP, diduga ada kerusakan data dalam sistem ini yang membuat sensor menyala kendati hidung pesawat tidak naik.
Padahal menurut buletinBoeing, kerusakan sistem ini bisa dihindari jika pilot segera mematikan sistem tersebut untuk memulihkannya.Pengungkapan Boeing mengejutkan para ahli penerbangan dan pilot.Sistem ini tidak pernah diberitahukan sebelumnya kepada maskapai atau penerbang. Hal ini memicu protes dari para pilot.

Dari Kasus di atas Kita bisa kaitkan dengan Teori Utilitarian  bahwa kasus yang terjadi pada pesawat Lion Air  Secara etis hal ini sangat tidaklah beretika, karena merugikan orang lain karena merengut kematian atau menghilangkan nyawa orang namun dalam konsep utilitarinisme hal ini memiliki sebuah keuntungan dimana perusahaan Lion Air mengetahui penyebab yang terjadi dan menjadi pengalaman agar lebih berhati-hati dalam kualitas dan keselamatan bagi penumpang walau hal ini seharusnya tidak baik untung dibilang sebuah keuntungan, Kasus ini menyebabkan kerugian dan telah mengesampingkan hak orang lain. Disinilah letak minus prinsip utilitarianisme walaupun menguntungkan pada salah seorangnya.

Dari Kasus di atas Kita bisa kaitkan dengan Teori Kanthian bahwa kasus yang terjadi pada pesawat Lion Air  merupakan sebuah tindakan yang tidak memikirkan penumpang yang dirugikan perusahaan Lion Air melakukan suatu tindakan dan tidak memikirkan kerugian yang menimpa pada  penumpangnya , sehingga kasus ini membuat seolah-olah tindakan yang telah dilakukan pihak Lion Air dipercaya tetapi merugikan orang lain.
Dari Kasus di atas Kita bisa kaitkan dengan Moral di Indonesia bahwa kasus yang terjadi pada pesawat Lion Air disaat terjadinya kecelakaan tersebut langsung ditangani dengan cepat pada pencarian penumpang yang hialng dan adanya rasanya kemanusiaan saling membantu tiap masyarakat seperti memberikan donasi pada korban penumpang tersebut dan Lion Air pun langsung memberikan ganti rugi pada penumpang yang sudah menjadi korban dan Lion Air pun meminta maaf kepada para keluarga korban serta masyarakat di Indonesia.

Dari 3 Teori kita bisa kaitkan bahwa sebuah kasus yang terjadi pesawat Lion Air lebih banyak memiliki kerugian dibandingkan keuntungan, seharusnya kita dalam berbisnis harus tahu dimana titik kelemahan perusahaan kita sendiri. Dan harus sangat professional dalam menghadapi kasus yang besar seperti ini. Kita juga harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi , sangat disayangkan sekali kalau kasus ini terjadi kedua kalinya . Oleh karena itu kita sebagai konsumen maupun pemakai jasa transportasi harus pintar – pintar memilih kualitas dan keselamatan yang terbaik untuk diri kita sendiri.
Bisnis merupakan bertujuan untung sebesar-besarnya dan kita juga harus tau resiko apa saja yang terjadi kedepannya . Oleh karena itu Etika Bisnis sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis sebagai panduan dan lancarnya sebuah bisnis secara rapih dan baik.

Tidak ada komentar :